Cara Mengatasi Komputer Lambat Dan Sering Hang


Apabila Anda termasuk seseorang yang sepanjang hari diharuskan berinteraksi dengan komputer, maka akan sangat menganggu jika komputer yang Anda gunakan memiliki kinerja yang lambat. Pekerjaan bisa saja terbengkalai karena tidak selesai sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai memutar otak untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kinerja komputer agar lebih optimal.
komputer lemot dan sering hang

Komputer yang seyogyanya hadir di tengah – tengah untuk membantu memudahkan pekerjaan bisa mendadak menjadi sesuatu yang menjengkelkan ketika komputer tersebut justru melambat. Tentu Anda tidak ingin hal itu berlarut – larut bukan?
Pada umumnya, kinerja komputer melambat karena banyaknya chace pada komputer, atau bisa juga karena temporary file hingga adanya virus. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami beri ulasan mengenai cara meningkatkan kinerja komputer agar lebih optimal.

Hapus Atau Bersihkan Temporary FilePada Komputer

Banyaknya tumpukan temporary file pada komputer menjadi salah satu penyebab melambatnya kinerja komputer Anda. Oleh sebab itu, pastikan Anda membersihkan atau menghapus temporary file dari komputer. 

Temporary fileyang notabene merupakan file – file yang penggunaannya hanya sementara tersebut akan menjadi berlebihan setelah Anda selesai menggunakan program komputer.
Untuk menghapus temporary file dari komputer, Anda dapat menerapkan langkah berikut ini:

Klik “Start” => Run => Ketik “Temp” => ENTER
Selanjutnya Anda akan melihat laman yang menampilkan temporary file yang dibuat oleh sistem komputer. 

Hapuslah file – file temporary tersebut secara rutin agar ruang pada hardisk menjadi lebih banyak dan kinerja komputer akan optimal.

Hapus Atau Uninstall Aplikasi / Program Komputer Yang Tidak Diperlukan

Kinerja komputer akan terganggu ketika hardisk Anda penuh dengan aplikasi atau program yang tidak begitu dibutuhkan. Maka dari itu, pilahlah kembali mana saja aplikasi yang memang sering Anda gunakan dan yang tidak Anda perlukan.

Anda sangat dianjurkan untuk menyesuaikan penggunaan aplikasi dengan kapasitas atau spesifikasi komputer yang Anda miliki. Apabila kapasitas hardisk cukup terbatas, sebaiknya jangan terlalu banyak menginstall aplikasi.

Untuk menghapus atau melakukan uninstall pada aplikasi komputer, Anda dapat mencoba langkah berikut ini:

Klik “Start” => Control Panel=> Double Click “Add or Remove Programs”

Setelah itu Anda akan melihat seluruh daftar aplikasi yang sudah terinstall pada perangkat komputer. Pilihlah aplikasi yang ingin Anda uninstall lalu ikuti langkah – langkah yang ada.

Lakukan Scan Pada Komputer Menggunakan Antivirus

Cara meningkatkan kinerja komputer agar lebih cepat selanjutnya adalah dengan melakukan scan dengan memanfaatkan antivirus. Antivirus berperan penting dalam pengamanan, pendeteksian, serta penghapusan virus – virus yang bersarang pada sistem komputer.

Saat ini banyak antivirus yang sudah dibekali kemampuan dalam mendeteksi rootkits, spyware dan juga malware – malwarelainnya. Selain itu, antivirus juga telah dilengkapi dengan firewall yang mana dengan kemampuan tersebut, antivirus dapat melindungi komputer dari hacker, dan untuk mencegah masuknya virus spam Anda akan diuntungkan dengan adanya anti spam.

Simpan File – File Berukuran Besar Pada Hardisk Eksternal

Cara meningkatkan kinerja komputer agar lebih cepat yang terakhir adalah dengan mengandalkan hardisk eksternal untuk menyimpan file yang berukuran besar. 
Mungkin poin ini sepintas terlihat menyusahkan karena itu artinya Anda harus menghubungkan komputer dengan hardisk setiap kali Anda ingin membuka file tersebut.

Namun jika Anda ingin komputer memiliki kinerja yang optimal, maka cara ini terbilang cukup ampuh. Sebab ruang hardisk internal Anda tidak akan penuh oleh file – file besar yang mana tentu saja hal itu membuat komputer melambat.

Nah demikian tadi beberapa cara meningkatkan kinerja komputer agar optimal. Sebenarnya masih banyak cara – cara lain. Akan tetapi, cara – cara di atas akan mampu meningkatkan kinerja komputer secara maksimal ketika Anda pun melakukannya dengan benar dan pastinya Anda menerapkannya secara berkala. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »