Inilah 7 Penyebab Blog Sepi Pengunjung Akibat Salah Optimasi SEO

Optimasi SEO bisa dikatakan sebagai upaya tepat dalam meningkatkan kualitas blog/website. Fokus utamanya terletak pada penyajian konten maupun artikel. Optimasi SEO merupakan hal pokok dalam menentukan apakah artikel ini layak atau tidak berada di posisi teratas mesin pencarian Google.
blog sepi pengunjung

Sebagai penulis blog/website, menempatkan artikel atau konten pada posisi puncak mesin penelusuran merupakan hal yang paling diharapkan. Terlebih bila menginginkan blog atau website menjadi ladang bisnis, maka memprioritaskan konten di ranking utama adalah tujuan utama.
Pada prakteknya, menulis banyak artikel SEO agar mampu menciptakan blog/website yang berkualitas adalah senjata yang paling manjur. Selain mampu menggait lebih banyak pengunjung, juga bisa memberi peluang besar menghasilkan uang dengan bantuan iklan.

Tetapi pada kenyataannya, tidak semua penulis mampu memahami dengan benar prosedur yang dijalankan agar mampu dilirik dengan sangat oleh mesin pencarian. Fatalnya lagi, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat Optimasi SEO walau hal tersebut dinilai sangat sederhana. Apa sajakah? Berikut penjeasan mengenai kesalahan yang sering dilakukan saat Optimasi SEO:

Terlalu sibuk dengan keyword density

Poin ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan ketika sedang optimasi SEO. Bila keyword yang dimasukkan pada konten terlalu sedikit, hal itu tidak akan berdampak terlalu besar pada jumlah pengunjung. Memasukkan kata kunci memang disarankan mengandung setidaknya 2-7% tergantung seberapa banyaknya jumlah kata yang ditulis
Meskipun saat ini konten yang informatif lebih penting daripada density dalam menarik perhatian Google, namun beberapa orang masih menganggap density ampuh untuk membuat Google menjadikan blog mereka sebagai bidikan.

Tidak melakukan internal link

Tidak sedikit pemilik website yang tidak memasukkan URL atau internal link. Mesin pencari Google sangat mengutamakan keberadaan internal link pada konten. Sementara itu, bila kita memasukkan internal link yang tak beraturan, itupun juga tidak baik. Sebab di lapangan, banyak sekali dijumpai halaman yang isinya serupa.

Terlalu mementingkan konten Flash

Menambahkan konten flash memang sangat menarik untuk dilihat. Kebanyakan pembaca kita cukup senang bila menemukan beberapa konten yang memasukkan unsur flash media. Tetapi sangat disayangkan bila kita terlalu sibuk dengan konten flash. Karena apa? Google tidak bisa membaca konten yang mengandung lebih banyak flash. Jadi percuma saja.

Menggunakan format huruf (Bold, Italic, Underline) secara berlebihan

Umumnya sering dilakukan oleh pengguna blog pemula. Melakukan cara ini tidak akan menciptakan keefektifan dalam meningkatkan ranking website/blog. Justru sebaliknya, cara ini akan lebih mengganggu kenyamanan para pembaca.

Hanya fokus mencari backlink


Terlalu sibuk mencari backlink justru tidak akan baik bagi blog/website Anda. bila hanya mengejar banyak situs backlink tanpa mengenal terlebih dahulu reputasi link yang kita pasang tidak akan meningkatkan popularitas situs dan justru bisa menurunkan ranking. Hal ini bisa disebabkan bila terlalu banyak menggunakan backlink maka pengunjung akan lebih berpotensi mengklik link yang kita sajikan.

Mengharapkan hasil instan dari SEO
Memperoleh hasil dari SEO tidak semudah yang dibayangkan. Perlu memahami lebih dalam mengenai teknik SEO yang baik dan sesuai dengan keinginan Google. Semakin hari akan semakin banyak pula para pesaing konten, dan semuanya membutuhkan proses dan perjuangan yang cukup sulit agar konten tetap bisa bersaing sehat dan tetap konsisten berada di ranking utama.

MelupakanGoogle webmaster tools

Karena semakin hari algoritma mesin pencari Google semakin canggih, maka kita harus ekstra bagaimana mempertahankan penampilan konten blog di ranking utama. Penting bagi pengguna blog/website professional mengandalkan kekuatan Google WebMaster Tolls agar kita tetap bisa memantau perkembangan-perkembangan baru.

Mengkaji ulang artikel Anda sebelum bisa menggait ranking utama di mesin pencari Google adalah langkah penting yang harus dilakukan. Meminimalkan  sedikit atau banyak kesalahan yang sering dilakukan saat Optimasi SEO adalah cara Anda dalam memanfaatkan peluang supaya konten tepat sasaran, dan mudah ditemukan pengunjung.

 Baca juga artikel terkait kami lainnya


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »