Menjaga Agar Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab

Rambut adalah makhota wanita. Setiap wanita pasti menginginkan memiliki rambut indah berkilau, halus dan kuat. Bagi wanita pemiliki rambut indah, lebih cenderung banyak melakukan perawatan agar rambut tetap sehat sepanjang hari. Lalu bagaimana dengan wanita berhijab? Apakah bisa memiliki rambut sehat meski berhijab?

Wanita berhijab cenderung lebih banyak menutup bagian rambut dan kepala dari paparan polusi maupun sinar matahari. Tetapi apakah rambut wanita berhijab tetap sehat? Terlindung dari debu, udara, polusi dan sinar matahari memang bisa membuat rambut sedikit terlindungi. Tetapi bila menggunakan hijab terlalu sering dan tidak membiarkan rambut bernafas ternyata bisa juga membuat rambut tidak sehat.

Agar kamu wanita berhijab bisa lebih jeli merawat dan memperhatikan kesehatan rambut kamu, berikut cara-cara agar membuat rambut sehat meski berhijab seharian:

Menjaga kebersihan rambut

Jaga selalu kebersihan rambut dengan rutin keramas minimal 2 hari sekali. Keramas menggunakan air bersih yang mengalir untuk mengangkat kotoran yang menempel di kulit dan rambut dengan shampoomaupun kondisioner. Sembari memberikan shampoo pada rambut, kamu bisa melakukan pemijatan perlahan pada bagian kepala agar bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Memilih produk perawatan rambut yang sesuai

Jangan asal dalam memilih produk perawatan rambut. Untuk memiliki rambut sehat meski berhijab, Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kodisi rambut. Pilih produk perawatan rambut yang mengandung bahan ringan dan tidak merusak keratin rambut. Bila perlu gunakan shampoo khusus untuk rambut berhijab atau pilih shampoo yang sesuai dengan masalah rambut yang sering muncul seperti shampoo khusus rambut rontok, rambut berketombe atau rambut lepek.

Merawat dari dalam tubuh

Selain merawat rambut dari luar, kamu juga mesti tahu bagaimana merawat rambut dari dalam tubuh. Caranya dengan mengkonsumsi makanan bervitamin, berserat, cukup air dan mengurangi konsumsi makanan berlemak. Pilih makanan rendah lemak juga kaya akan protein yang membantu menyuburkan dan mengganti jaringan rambut yang hilang/rontok. Pilih juga sayur atau kacang-kacangan yang bisa membantu menguatkan akar rambut.

Memilih bahan jilbab yang nyaman

Pemilihan bahan jilbab yang nyaman sungguh dianjurkan. Memilih bahan jilbab yang lembut, ringan hingga dingin untuk kulit kepala bisa membantu memperoleh rambut yang sehat dan kuat. Yang paling penting yaitu pilih bahan jilbab yang mampu menyerap keringat dan berserat agar udara bisa masuk kebagian kepala. Kamu bisa memilih jilbab berbahan katun atau berbahan kaos.

Merawat rambut dari luar

Tidak salahnya mencoba perawatan ekstra pada rambut dan kulit kepala sebelum mengenakan hijab kembali. Bagi kamu yang berpikir bahwa rambut kamu jarang terurai dan tidak merawatnya justru bisa membuat rambut menjadi rontok, berminyak dan berketombe. Tidak salahnya kamu mencoba perawatan rambut dengan hairmask/masker rambut dan hair tonic.
Fungsi dua produk tersebut yakni mampu memberikan nutrisi pada akar dan seluruh helai rambut secara merata. Kamu juga bisa mencoba serum antirontok atau minyak khusus rambut yang diformulasikan untuk menjaga kesehatan dan kelembaban rambut.

Keringkan rambut basah sebelum mengenakan jilbab

Untuk bisa memiliki rambut sehat meski berhijab, paling tidak disarankan jika wanita berhijab mengenakan hijab disaat rambut dalam kondisi basah. Langkah ini bisa membuat rambut mudah rontok, beruban dan mudah berketombe atau lepek. Sebaiknya keringkan terlebih dahulu rambut yang basah dengan kipas angin atau hair drying dengan temperature cukup rendah supaya tidak merusak lapisan helai rambut.

Demikian cara merawat agar memiliki rambut sehat meski berhijab. Untuk bisa memiliki rambut sehat walau kamu sedang berhijab, lakukan langkah-langkah di atas dengan benar agar rambut sehat yang kamu idamkan bisa terwujud.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »