Ciri-ciri Buzzer | Cunguk Sosmed Penebar Kebencian Yang Harus di Waspadai

Idnbanget.com- seringkali kita mendengar istilah kata buzzer, buzzer adalah micro influencer yang mepengaruhi banyak orang di media sosial dengan kata-kata mereka untuk mengikuti kemauannya dengan beragam cara.  Kebanyakan buzzer memiliki sikap yang arogansi dan sok bener. Bagi saya buzzer adalah cunguk atau hama kecil yang berlaga sok pinter.

img src : WinNetNews.com


Media soaial ataupun website ternama menjadi incaran para buzzer tersebut. Diantaranya  adalah jejaring sosial facebook, twitter dan instagram. Karena mereka bisa  dengan mudah menyusupi grup-grup di facebook ataup pun hastag yang sedang populer untuk menjalankan aksinya.

Biasanya buzzer selalu berkaitan dengan politik. Dengan memihak salah satu kubu untuk menjatuhkan kubu lain dalam hal politik bahkan menyangkut kepemerintahan. Dengan begitu kita harus sigap dan berwaspada terhadap buzzer tersebut, jangan sampai kita terlibat didalamnya.

sedikit pengalaman dari saya pribadi, sebelumnya saya adalah salah satu penggiat blog yang pernah membuat situs portal berita. Situs web yang saya kelola itu mempunyai jumlah traffict yang lumayan tinggi, sehingga saya dapat dengan mudah menjangkau pengunjung untuk datang ke web saya.

Dari trafik tersebut kemudian banyak sekali buzzer yang mengincar web saya, mulai dari menawarkan sebuah artikel, video dan lain sebagainya untuk mempengaruhi pengunjung yang datang ke web saya. Sehingga dari situlah saya mengenal buzzer.

Ciri-ciri Buzzer Di media sosial

  • Jika kalian melihat sebuah postingan yang mengungkapkan sebuah kebencian di status media sosial seperti fb, terlebih terhadap politik dan pemerintahan dengan ujaran yang tak pantas’ harap diwaspadai karena mungkin saja dia terindikasi sebagai buzzer.
  • Perhatikan orang tersebut” apakan dia selalu membuat postingan seperti itu berulang-ulang bahkan menyuruh oranglain untuk membagikan kirimannya di akun fb kalian.
  • Mereka selalu menggunakan menggunakan embel-embel referensi dari banyak sumber guna menguatkan statmentnya, agar orang lain dapat dengan mudah percaya pada omongannya. Padahal belum tentu statment itu nya benar!.

Sebenarnya masih banyak ciri-ciri buzzer, namun cukup seperti apa yang saya tuliskan diatas mewakili bahwa ciri-2 buzzer seperti itu.

Cara mengatasi Buzzer

Cara mengatasi buzzer itu sangat mudah, cukup dengan kesadaran kita bahwa orang tersebut adalah cunguk buzzer, kita cukup mengabaikan postingan yang mereka buat untuk mengadu domba.
  • Kendalikan emosi anda Jangan terpancing untuk berkomentar walaupun omongannya contra dengan anda. Karena jika semakin banyak komentar maka semakin populer lah postingan mereka.  

Blok orang yang menurut anda buzzer, karena ketahuilah bahwa orang tersebut tidak akan memberikan manfaat bagi anda.
  • Jika anda masuk kedalam grup-grup besar tentang politik, tetap berpegang teguhlah terhadap pendirian anda. Jangan mudah terpengaruh oleh orang lain. Jika ada orang lain memancing sara, usahakan agar anda tetap tenang dan bijak menanggapinya.


Tapi menurut saya, mengabaikan buzzer lebih baik daripada ikut dalam perangkapnya. Cukup sekian postingan dari saya, silahkan berkomentar jika ada sesuatu yang kurang dan tidak sesuai hati anda” dan bagikan postingan ini jika dirasa bermanfaat bagi anda ataupun orang lain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »