Pengertian dan Ciri-Ciri Wirausaha atau Wirausahawan | Kewirausahaan Sukses

Pengertian wirausaha dan wirausahawan dan ciri-cirinya
Wirausaha dan wirausahawan itu sebenarnya sama. yang membedakan hanyalah kata dan penyampaiannya saja. maka dari itu simaklah pengertian dan penjelasan wirausaha dan wirausahawan dalam pelajaran kewirausahaan.

Pengertian dan ciri ciri wirausaha



Wirausaha adalah seseorang yang berani membuat usaha secara mandiri dengan cara menggunakan keahlian atau kepandainya  membuat suatu perusahaan. Tentu dengan kecerdasan dalam memikirkan sebuah produk baru yang bisa menembus pasar. Selain itu Menentukan metode produksi baru, memasarkannya, dan membangun modal operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang lebih tinggi.

Ciri ciri Wirausaha


  1. Memiliki fitur keberanian dalam mengambil segala resiko saat menjalankan badan, demi meraih keuntungan dimana merupakan hasil dari karyanya.
  2. Mempunyai daya  imajinasi dan kreasi yang tinggi serta tekad yang bulat dalam menyesuaikan diri dengan keadaan sekitarnya.
  3. Memiliki kemauan dan semangat dalam mengatasi segala bentuk masalah yang dihadapinya dalam menjalankan usaha.
  4. Penghematan biaya dan halalah yang diutamakan seorang wirausaha.
  5. Memiliki kemampuan dalam menarik bawahan serta rekan-rekan usaha yang memiliki kemampuan tinggi.
  6. Memiliki analisis tepat, metodologis dan sistematis.
  7. Seseorang dengan  kemampuan wirausaha harus memiliki sifat konsumtif atau bisa dikatakan tidak konsumtif segala bentuk bentuk keuntungan yang di dapat akan dibangunkan kembali untuk modal baik itu untuk keperluan usaha yang sudah ada atau yang sedang dibangun maupun untuk mengembangkan usahanya untuk membuka usaha baru.
  8. Mempunyai penglihatan atau kemampuan yang tinggi dalam melihat dan memanfaatkan peluang / peluang yang ada dengan teknik teknik dan inovasi.


Ciri Ciri Wirausahawan yang handal dan sukses


Karakteristik wirausaha yang handal dan profesional
Yakin akan produk yang dimiliki seorang entrepreneur harus memiliki kepercayaan terhadap produk yang mereka miliki.

1.Kenali banyak sekali produk
Hal ini erat kaitannya dengan promosi, jika pengusaha tidak mengetahui produknya dengan baik pada saat mengenalkan produknya kepada konsumen.
2.Jangan berdebat dengan calon pelanggan
Promosi yang bagus adalah saat kita bisa meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk yang kita miliki, hindari debat karena hanya akan mengurangi minat calon pembeli.
3.Komunikatif dan negosiasi
Ini adalah senjaka yang ampuh untuk meyakinkan calon konsumen.
4.Jujur dan berani
Ini adalah sikap yang harus dimiliki.
5.Membuat transaksi
Akhir dari semua usaha untuk menciptakan sebuah transaksi. Dan ini sangat penting


Jadi itulah pengertian dan ciri ciri wirausaha atau wirausahawan menurut idnbanget. mudah mudahan ilmu ini bermanfaat untuk kita semua, dan semoga kita bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses, handal dan profesional.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »