Tutorial Cara Menggunakan Tasker Bag2 - Mengisi Semua Perintah Untuk Mengontrol Android

Action Dan Task


Task - jika Anda tidak memperhatikan nama aplikasi - adalah hati dan jiwa Tasker. Tapi, tugas Tasker bukan apa-apa tanpa tindakan, yang merupakan hal yang dilakukan oleh ponsel atau tablet Anda. Tugas dan tindakan tidak dapat dipisahkan.

Sebelum Anda Lanjutkan Membaca, saya sarankan untuk membaca tutorial tasker bagian pertama terlebih dahulu disini :
Tutorial Tasker Membuat Android Berbicara Bag1

Sebuah "tugas" di Tasker adalah kumpulan tindakan yang dilakukan satu demi satu saat tugas tersebut dipanggil. Bila Anda menggabungkan beberapa tindakan ke dalam satu tugas, tindakan tersebut menjadi bermakna dan relevan bagi Anda sebagai pengguna karena tindakan independen tampaknya bertujuan untuk mencapai tujuan bersama (yaitu, tugas). Mungkin lebih mudah memikirkan suatu tugas sebagai tujuan atau hasil akhir yang dapat dicapai dengan satu atau beberapa tindakan.



Ini juga dapat membantu memikirkan tugas sebagai daftar hal yang harus dilakukan. Misalnya, Anda mungkin ingin menyiapkan tugas untuk mengirim email pengingat pada jam-jam tertentu dalam sehari. Tugas untuk ini mungkin mencakup tindakan untuk menghubungkan ke Wi-Fi atau mengaktifkan data seluler, menyusun pesan email, mengirim pesan email, lalu melepaskan hubungan dari jaringan.

Task yang dinamakan dan tidak disebutkan namanya


Saat Anda membuat sebuah tugas, Anda biasanya memberi nama untuk itu. Misalnya, saya bisa membuat tugas untuk menghemat daya baterai. Tugas itu mungkin terdiri dari tindakan untuk mematikan Wi-Fi, GPS, data mobile, Bluetooth, dan NFC. Lalu, saya juga bisa membuat tugas lain untuk digunakan saat berada di luar rumah - dan dengan tepat menamainya "Outdoor"; Himpunan mungkin terdiri dari tindakan seperti mengaktifkan kecerahan otomatis, memungkinkan umpan balik getaran, dan menyetel volume dering ke maks.

Penamaan tugas membuat tugas dapat digunakan kembali; Anda dapat memanggil tugas yang sama dalam berbagai profil dan konteks. Terkadang, Anda tidak perlu memberi nama untuk sebuah tugas, terutama untuk tugas satu tindakan yang dibuat saat Anda membuat profil, jalan pintas, atau widget.

Inilah contohnya



Untuk menggambarkan konsep tugas dan tindakan yang lebih jelas, mari kita coba benar-benar menciptakan sebuah tugas. Contoh tugas ini, yang akan kita beri nama "Batt Save", akan melakukan hal berikut:

Nonaktifkan kecerahan otomatis dan autosync (Disable auto brightness and autosync )
Tetapkan tingkat kecerahan ke rendah ( Set brightness level to low )
Atur timeout tampilan ke nilai yang rendah ( Set display timeout to a low value )
Nonaktifkan Wi-Fi, data seluler, umpan balik haptic, GPS, dan Bluetooth
Inilah cara mengatur semua tindakan tersebut dalam satu tugas "Batt Save":

1.Buat tugas baru, sebagai berikut:


  1. Buka tab Tasks.
  2. Ketuk tombol Add New Task di sudut kanan bawah layar.
  3. Ketik nama untuk tugas baru. Dalam contoh ini, gunakan "Batt Save."
  4. Ketuk tombol tanda centang untuk menyimpan tugas baru. Anda akan melihat layar Edit Tugas.

2.Nonaktifkan kecerahan otomatis, sebagai berikut:
  1. Pada layar Edit Tugas, tekan tombol Add New Action (plus icon) di bagian bawah layar.
  2. Ketuk pada Display> Auto Brightness. Ubah nilai Set ke "Off". Ketuk tombol Back untuk kembali ke layar sebelumnya.

3.Tetapkan tingkat kecerahan ke nilai rendah (mis., 25, atau bahkan 0), sebagai berikut:
  1. Pada layar Edit Tugas, tekan tombol Add New Action (plus icon) di bagian bawah layar.
  2. Ketuk pada Display> Display Brightness. Ubah nilai Level menjadi "0". Ketuk tombol Back untuk kembali ke layar sebelumnya.

4.Atur timeout display ke nilai yang rendah (15 detik, mungkin), sebagai berikut:
  1. Pada layar Edit Tugas, tekan tombol Add New Action (plus icon) di bagian bawah layar.
  2. Ketuk pada Display> Display Timeout. Ubah nilai Sec menjadi "15". Ketuk tombol Back untuk kembali ke layar sebelumnya.

5.Matikan atau nonaktifkan berbagai layanan pemakan baterai, sebagai berikut:
  1. Pada layar Edit Tugas, tekan tombol Add New Action (plus icon) di bagian bawah layar.
  2. Ubah nilai Set ke "Off" di lokasi yang tercantum di bawah ini. Ingatlah untuk menekan tombol Back untuk menyimpan tindakan dan kembali ke daftar tindakan.

  • Net > WiFi
  • Net > Mobile Data
  • Audio > Haptic Feedback
  • Misc > GPS
  • Net > Bluetooth
  • Net > Auto-Sync


Kalian sekarang memiliki tugas bernama "Batt Save". Anda bisa menjalankan tugas secara manual jika Anda mau. Atau, lebih baik lagi, Anda bisa menghubungkannya ke konteks / pemicu (lebih lanjut tentang ini nanti). Anda bahkan dapat membagikan tugas ini kepada orang lain dalam bentuk file APK yang dapat diinstal pada perangkat Android lainnya. Cukup ekspor tugas sebagai file APK (lihat bagian selanjutnya tentang tugas ekspor).

Mengimpor / mengekspor tugas


Untuk mengimpor tugas tersimpan ke Tasker, cukup ketuk tab Tasks. Kemudian, pilih Import dari menu, cari file XML, dan tekan untuk mengimpornya.

Untuk mengekspor tugas, tekan lama pada nama tugas. Ketuk tombol Menu, lalu pilih Ekspor. Anda dapat mengekspor tugas sebagai file APK atau sebagai file XML.

Cara menghapus tugas atau tindakan


Untuk menghapus tugas, tekan lama pada nama tugas pada daftar tugas, lalu ketuk ikon Sampah.

Untuk menghapus tindakan, buka tugas yang berisi tindakan tersebut, tekan terus ikon tindakan di sisi kanan nama tindakan, lalu seret turun nama tindakan pada ikon Tempat Sampah di bagian bawah layar.

Menata ulang tindakan dalam sebuah tugas


Untuk memindahkan tindakan ke atas atau ke bawah daftar tindakan, cukup tekan terus ikon tindakan di sisi paling kanan dari nama tindakan, dan tarik-turun nama tindakan ke lokasi barunya.

Menjalankan tugas secara manual



Buka tab Tasks. Ketuk tugas yang akan dijalankan; Layar Edit Tugas akan terbuka. Ketuk tombol Putar di bagian bawah layar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »