Tutorial Tasker Lengkap - Jadikan Android Bisa Berbicara Dan di Perintah Secara Otomatis



Bagi pengguna android kini telah dimanjakan oleh fasilitas atau fitur yang dapat membantu kita dalam berinteraksi dengan smartphone, Seperti halnya jarvis di film ironman, kini sebuah fitur masa depan seperti film itu bisa kita nikmati di android kita, cukup dengan perintah suara, handphone android kita bisa melakukan sesuatu seperti yang kita inginkan.

Seperti berinteraksi ( ngobrol ) membuka aplikasi, membaca pesan, dan masih banyak lagihaya dengan perintah suara dari kita.
Kebanyakan orang menggambarkan Tasker sebagai task control dan task automation app. Tapi, saya melihat lebih dari itu. Ini adalah aplikasi pemrograman Android untuk noob lengkap seperti pengguna tingkat lanjut yang ahli dengan pengalaman dalam pemrograman Android.

Tapi jangan Khawatir!, Tasker memungkinkan Anda menggunakan antarmuka Dengan mudah anya dengan sebaris kode.
Untuk belajar bagaimana menggunakan Tasker simaklah Terlebh dahulu Apa itu tasker

Istilah tasker


Pertama, mari kita berdamai dengan ... persyaratan di Tasker. Banyak dari konsep itu mungkin baru bagi Anda, dan bisa sedikit berlebihan, terutama bagi newbe. Tapi, begitu Kalian mengerti logika Tasker, kalian pasti akan tahu bahwa ini adalah aplikasi yang benar-benar hebat bahkan untuk pemrograman noob.

Action  - Unsur dasar Tasker. Ini mengacu pada fungsi atau fitur ponsel atau tablet yang melakukan sesuatu atau membawa telepon ke keadaan tertentu. Tasker mendukung lebih dari 200 tindakan yang dikelompokkan menjadi 21 kategori.

Task - Sekelompok tindakan. Biasanya dihubungkan dengan triger atau dengan "context", tapi bisa juga menjadi free floating, standalone yang dijalankan secara manual. Sebuah tugas dapat dijalankan dalam tugas lain. Anda bisa mengkloning atau menduplikat, mengekspor, mengimpor, dan mengunci tugas.

Context - Situasi atau kondisi yang, bila benar, memicu pelaksanaan tugas yang terkait dengannya.
Profil - Jenis "wadah" atau "paket" untuk konteks dan tugas terkait. Anda dapat menentukan beberapa konteks untuk satu profil, dan semua kondisi tersebut harus benar agar tugas yang terkait berjalan.

Variabel - Nama untuk nilai yang tidak diketahui yang dapat berubah dari waktu ke waktu, seperti tingkat baterai atau tanggalnya.

Scene - Antarmuka pengguna yang dibuat khusus. Kalian bisa membuat tata letak tombol, menu, popup, dan elemen UI lainnya.

Project - Sekelompok profil, tugas, adegan, dan variabel. Setiap proyek memiliki tab sendiri (di bagian bawah layar utama) dengan nama proyek yang ditetapkan pengguna. Anda juga bisa mengekspor atau mengimpor proyek. Anda bahkan dapat mengekspor proyek khusus sebagai aplikasi Android mandiri (APK): cukup ketuk nama proyek / ikonnya, pilih Ekspor, dan pilih "Sebagai Aplikasi".

Mencari Tahu Bagian UI Tasker



Tab dan mode


Meskipun fitur Tasker dan keseluruhan antarmuka pengguna agak terlihat rumit dan pasti menjengkelkan para pengguna biasa atau pendatang baru di Android, tab pada layar utama agak cukup jelas.

Baru diinstal, antarmuka Tasker menunjukkan tiga tab secara default - Profil, Tugas, dan Adegan. Antarmuka default disiapkan untuk pemula dan pemula (yaitu, Mode Pemula).

UI standar ini terlihat sedikit berbeda dengan mode non-pemula. Misalnya, dalam Mode Pemula, Anda dapat menemukan tiga tombol di baris bawah semua tab: Cari, Tambah, dan Bantuan. Saat Pemula Mode dinonaktifkan, ketiga tombol ini diganti oleh tab proyek default (ditunjukkan oleh ikon Rumah) dan tombol Add, ditambah pada baris teratas tab, Anda mendapatkan tab keempat bernama Vars (yaitu, untuk variabel).

Contohnya Seperti Ini :



Mudah beralih ke mode "lanjutan" dengan menekan "Mode Pemula" pada tab UI di halaman Preferensi Tasker.

Mengetuk nama tab utama (kecuali tab Vars) pada layar utama akan membuka menu dengan tombol untuk mengimpor file dan untuk menyetel urutan jenis tab itu.

Tab Proyek


Dalam mode "lanjutan" (yaitu, dengan Mode Pemula dinonaktifkan), mengetuk tab proyek default akan membuka menu dengan tombol berlabel Add, Import, Rename, Set Icon, dan Lock / Unlock.

Tombol Add memungkinkan Kalian Untuk membuat proyek baru, yang akan memiliki tab sendiri. TerdapatTombol Import and Export.



ngomong-ngomong, mudah untuk melindungi proyek Anda dengan menetapkan kode kunci; Saat diminta, ketik saja kode kunci Anda untuk melihat dan mengedit sebuah proyek.

Menu utama / main menu



Menu utama Tasker menawarkan perintah dan opsi yang membantu Anda menggunakan dan mengelola bagaimana aplikasi bekerja. Akses menu utama melalui tombol Menu kapasitif atau tombol Menu virtual (tiga ikon titik) di sudut kanan atas layar. Anda akan menemukan ini di menu:

  1. Browse Contoh - mengarahkan Anda ke daftar profil contoh pra-dibuat, yang dapat Anda download dan impor ke Tasker.
  2. Data - untuk membersihkan, membuat cadangan, atau memulihkan data cadangan.
  3. Info - berisi informasi tentang aplikasi dan cara menggunakannya.
  4. Preferensi - membuka halaman Preferensi (lebih lanjut tentang ini di bagian berikutnya).
  5. Aktifkan / Nonaktifkan Tasker - mengaktifkan atau menonaktifkan Tasker.
  6. Cari Tasker - cari data atau fitur di dalam aplikasi; Tidak tersedia dalam Mode Pemula.
  7. Keluar - menutup aplikasi.
  8. Run An Action - melakukan satu tindakan (misalnya memaksimalkan kecerahan layar)
  9. Jalankan Log - catatan kejadian dan prosedur yang dilakukan melalui aplikasi.
  10. Opsi Pengembang - opsi lanjutan untuk devs; Tidak tersedia dalam Mode Pemula.
jika anda telah memahami istilah-istilah tersebut, silahkan anda lanjutkan membaca tutorial tasker Bagian 2
Cara Menggunakan Tasker Bagian2

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »