Fakta-Fakta Unik Sejarah Internet, Gmail, dan Youtube | Pasti Bikin Kamu Kaget!



Siapa yang tidak kenal dengan internet, sebuah jaringan kasat mata yang menghadirkan informasi dan kemudahan yang bisa dirasakan oleh semua orang di dunia. Kini dunia tidak sejauh yang kita bayangkan, melainkan sangatlah sempit. 


Namun sebagai pengguna yang bijak, sebaiknya kita tidak begitu saja menikmati kemudahan internet, melainkan harus paham dan mengenal bagaimana sejarah internet itu sendiri.
Berikut adalah fakta-fakta tentang sejarah internet yang perlu kita ketahui:


1.      Situs Gmail awalnya adalah situs kartun kucing

Gmail adalah salah satu vendor alamat dari email atau surat elektronik. 
Selain menggunakan Yahoo, orang-orang sering membuat email dengan alamat Gmail. Perkembangan Gmail pun secara tidak langsung mengikuti perkembangan internet.

Namun tahukah kita, bahwa awalnya Gmail adalah situs kartun kucing yang memiliki sifat pemalas. 
Namanya adalah Garfield. Namun Google langsung membelinya untuk diubah menjadi situs Gmail yang menjadi vendor alamat email nomor satu di dunia.

2.      Youtube telah menyortir video yang berdurasi 100 tahun setiap harinya

Youtube juga menjadi situs yang ikut andil dalam perkembangan sejarah internet. 
Di mana sejak kemunculannya, Youtube telah berhasil menyortir video berdurasi 100 tahun di setiap harinya. Google melakukannya agar sesuai dengan peraturan HAKI.

3.      Nama “internet” pertama kali ditemukan di sebuah booklet

Nama booklet yang menjadi cikal bakal sejarah internet tersebut adalah “Internet Transmission Control Program”. Sebuah penemuan kecil yang kini menjadi hal yang sangat krusial dan mendunia hingga kini.

4.      Kita dilarang berjualan di internet sebelum tahun 1992

Kini orang yang berjualan dengan memanfaatkan internet sangatlah banyak, bahkan ribuan. Setiap harinya pasti ada penjual baru. 
Prospek jualan lewat internet pun sangat menjanjikan dan tidak kalah dengan omset jualan offline.

Akan tetapi, tahukah kita bahwa sebelum tahun 1992 tidak ada orang yang bisa berjualan lewat internet, sehingga mereka tak seberuntung kita. 
Setelah munculnya persetujuan Scientific Advanced Technology Act oleh Amerika di tahun 1992, orang-orang sudah diperbolehkan berjualan lewat internet. Tentu ini menjadi kabar bahagia bagi warga dunia.

5.      Sepertiga pencarian di internet berhubungan dengan hal p0rno

Hal ini akan kita jumpai tiap kali kita melakukan browsing, ada saja hal p0rno yang menyertainya. Padahal niat kita bukanlah mencari hal tersebut.

Itulah fakta-fakta yang mengikuti perkembangan sejarah internet hingga kini. Sebagai pengguna, kita wajib mengetahuinya. Jangan hanya tahu bagaimana menikmati kemudahannya saja. Penggunaan teknologi yang bijak berawal dari kesadaran penggunanya. 


Untuk itu jadilah pengguna internet yang cerdas dengan memanfaatkan kemudahan ini dengan sebaik–baiknya. Mengingat kini banyak sekali hal negatif yang muncul di dunia maya, maka sudah menjadi keharusan untuk lebih mawas diri dengan adanya kecanggihan teknologi ini. lanjutkan baca:Mengenal Lebih Dalam Tentang Sejarah Internet

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »