Ketika Langit Jatuh Cinta | Leni Wahyoe Nengsih


Aku ingin bercerita di atas gurun sahara pada langit yang bisu tak bersuara.
Belum sempat kuhabiskan cerita, langit menangis menumpahkan butiran air hujan yang jatuh ke bumi.

Lalu hati memahami, hujan tahu bagaimana rasanya jatuh cinta. Ia tidak akan pernah merasakan cinta kalau ia tidak jatuh. Haruskah yang berhubungan dengan cinta harus terjatuh terlebih dahulu?

Langit masih bisu tak menjawab pertanyaan yang kulontarkan, hanya rumput bergoyang, semilir angin berhembus lembut.

Seseorang yang kukenal atau sering kusebut Pujangga dari tanah sunda membisikkan tentang segerombolan Laron-Laron yang berebut menuju tempat yang paling terang, karena laron-laron menyukai cahaya terang setelah hidup dalam gelap gulita. Tanyaku semakin berlapis, namun Sang Pujangga itu tak pernah habis menjelaskan, terkadang membuatku tak mengerti maknanya. Aku bertanya padanya : “Apakah saat hujan itu tandanya langit sedang menangis? Atau malah sedang berduka?”

Dia tersenyum dan menjawab : “Hujan pertanda bahwa langit sedang jatuh cinta, bukan berduka juga bukan menangis, karena Hujan selalu punya cara menyampaikan cinta. Satu hal yang selalu kuingat tentang Hujan, Hujan mengajarkanku tentang bahwa tidak selamanya JATUH itu menyakitkan, jika memang menyakitkan pasti tentu beralasan dan meninggalkan satu hikmah yang menjadi pembelajaran dalam sebuah kehidupan, agar kita tahu bagaimana caranya mengenal Tuhan kita lebih dekat lagi. Bukankah itu lebih indah?”

Aku yang sempat lupa bagaimana caranya jatuh cinta pun kini mengerti. Terkadang hidup ada saat dimana kita berada di titik terang benderang atau malah redup mendung. Kemana perginya sekeping hati yang pernah ku singgahi? Entahlah, bahkan hujan pun menghampus jejaknya. Yang aku tahu kini adalah hujan pertanda kalau langit sedang jatuh cinta. Ibarat hujan adalah cinta, setidaknya hujan tahu bagaimana cara jatuh cinta.. Dan suara petir ibarat menyampaikan rasa cemburu juga kilap ibarat cahaya rindu, itu semua terjadi saat dimana KETIKA LANGIT JATUH CINTA..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »