Mengenal Lebih Dalam Tentang Sejarah Internet



Internet sangat melekat erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Dari anak-anak sampai orangtua semua membutuhkannya. Apalagi kini dunia gadget semakin membahana di mana-mana. 


Ada gadget karena ada koneksi internet. Jika telat mengikuti perkembangan sebentar saja, maka akan ketinggalan jauh. Namun jangan terlena, karena ada sejarah internet yang bermakna di baliknya dan kita harus mengetahui hal tersebut.

Ibarat kita akan makan dan dihadapkan dengan berbagai jenis menu. Maka akan lebih baik jika kita tahu menu apa saja yang akan kita makan. Dari bahan apa saja, bagaimana cara memakannya, bagaimana cara memasaknya, aman atau tidak di makan, halal atau tidak, atau pertimbangan yang lainnya. Begitu pun dengan menikmati kecanggihan internet.

Internet bisa menyediakan kebutuhan informasi kita di setiap harinya dengan cepat tanpa ada kendala apapun, kita bisa berhubungan dengan siapa pun melalui media sosial di belahan negara mana pun di dunia tanpa ada jarak pemisah, bahkan setiap saat internet tersedia kapan pun kita butuhkan. Kesemuanya itu pasti ada sebabnya. Dan sebabnya ada di dalam sejarah internet.

Sejarah Internet

Internet adalah sebuah jaringan komputer dengan dukungan IP atau Internet Protokol. Internet ini pada awalnya dikenalkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Proyek ARPANET adalah istilah proyek pengenal internet ke dunia. 


ARPANET ini membuat konsep yang meyakinkan dan mengembangkan ide untuk membuat hardware bsia digunakan sebagai alat komunikasi tanpa mengenal jarak. Sehingga penggunaan telepon pun bisa maksimal. Software yang pertama kali di pakai saat awal perkembangan internet saat itu adalah software UNIX.

ARPANET membuat sebuah jaringan sederhana yang terus dikembangkan hingga menjadi sebuah jaringan yang cukup rumit namun fungsinya sangat luar biasa. Pengguna bisa mengakses semua informasi dari seluruh dunia tanpa terkecuali. Penggunaan protocol IP inilah yang memperkuat fungsi jaringan ini.

Padahal ARPANET membuat jaringan internet ini dengan tujuan awal untuk keperluan militer saja. Namun justru malah menjadi cikal bakal sejarah internet yang kini mengatur hajat hidup orang banyak. dengan menggunakan komputer atau gadget, kita menjadi lebih mudah untuk mengakses internet tanpa ada kendala sedikit pun.

Banyak situs-situs yang dikembangkan internet. Awalnya hanya ada 4 situs saja yang bisa disediakan oleh internet, namun kini ribuan situs bisa diakses dengan internet. Internet telah membuat orang menjadi pintar dan lebih maju. Ide-idenya pun menjadi lebih cemerlang sehingga muncul banyak situs di internet.

Tepatnya pada bulan Oktober 1972 sejarah internet dimulai. ARPANET diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia begitu pun juga Indonesia. Tidak ada negara atau area yang luput dari internet. Karena kapasitas yang kurang memadai dan tidak sebanding dengan penggunanya di seluruh dunia, maka ARPANET pecah menajdi 2, yakni MILNET dan ARPANET. 


MILNET dikhususkan untuk keperluan militer sedangkan ARPANET untuk non-militer. Namun kini keduanya sudah melebur menjadi satu dengan nama internet.

Selanjutnya Wajib Kamu Baca : Menyikapi Sejarah Internet Untuk Memotivasi Diri

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »