Menyikapi Perkembangan Sejarah Internet



Ingat pesan penting yang pernah diungkapkan oleh Pahlawan Revolusi, Ir. Soekarno, tentang “Jas Merah”, yang merupakan singkatan dari “Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah”. 

Pesan ini menjadi pesan yang sangat penting, karena akan menjadi pengingat bagi kita bahwa kita tidak boleh melupakan sejarah. Karena kita hidup di masa kini karena ada sejarah. Begitu pun dengan adanya  sejarah internet. Baca Juga : Sejarah Awal Adanya Internet

Sejarah memang ada di masa lampau, namun bukan berarti dilupakan begitu saja sesuai dengan perkembangan masa atau waktu. Karena secara tidak langsung sejarah sangat menentukan kehidupan kita di masa sekarang ini. 

Sejarah menjadi tolok ukur perjalanan hidup kita di masa sekarang dan masa yang akan datang. Jadi jangan pernah melupakan sejarah jika ingin hidup tentram di masa kini dan masa depan.

Begitu juga dengan adanya sejarah internet ini yang memang membuktikan bahwa internet bisa berkembang hingga kini sampai dengan masa yang akan datang. Sejarah ini memberikan identitas kepada internet yang selama ini kita gunakan.

Internet yang merupakan singkatan dari Interconnecting Network adalah jaringan komputer dengan dukungan IP yang canggih sehingga menyediakan kualitas akses yang sangat cepat dan sangat mudah digunakan. 

Dengan satu kali sentuh, informasi–informasi yang kita butuhkan dapat dengan cepat ditemukan berkat kecanggihan internet ini.
Berikut adalah beberapa cara menyikapi sejarah internet:

1.      Menjadi lebih bersemangat

Semangat ini harus terkait dengan semangat untuk hidup dan semangat untuk hal yang lainnya. Semangat untuk selalu mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kualitas hidup. Caranya adalah dengan mengasah kreativitas kita dengan baik. Sudah ada internet yang siap membantu kapan saja.

2.      Menjadi lebih bijak

Bijak dalam menghadapi masalah atau hal-hal yang dihadapi dalam kehidupan. Jangan langsung menjudge sebuah hal dengan stigma negatif. Harus dipertimbangkan dengan seksama dan mendalam agar mampu bersikap yang lebih baik. 

Layaknya internet yang selalu menjawab apa yang kita butuhkan. Karena dukungan sejarah internet yang hebat dengan IP yang sangat tangguh sehingga mampu mengakses informasi dari manapun dan dalam bentuk apapun.

3.      Menjadi lebih kritis

Kritis dalam menghadapi semua hal dalam hidup. Penting sekali untuk para pelajar yang lebih sering menggunakan internet untuk media belajar. Jangan hanya mencari jawaban akan pekerjaan rumah saja, melainkan juga mengambil makna tersirat dari apa yang telah didapatkan dari informasi di dalam internet.

Menyikapi perkembangan internet yang sangat pesat harus dengan selektif. Berpeganglah selalu dengan sejarah internet yang panjang dan penting agar selalu mengambil manfaat positif dari keberadaan internet. 

Proses diciptakannya internet tidaklah mudah, banyak tahapan yang dilakukan hingga internet bisa mendunia seperti sekarang ini. Bahkan internet sudah menjadi kebutuhan primer. Ya, ini tidak terlepas dari kegunaan internet yang nyata memudahkan setiap kegiatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »