Sejarah Atletik Di Dunia Dan Indonesia | Ilmu Sejarah

IDNBANGET-Atletik merupakan sebuah cabang olahraga yang mendunia. Biasa digunakan untuk sebuah olimpiade di setiap negara. Atletik dalam bahasa ingris yaitu athletic, sedangkan dalam bahasa yunani adalah athlos. Jadi atletik ini adalah cabang olah raga yang ada sejak zaman dahulu kala, bahkan dari jaman purba pun ada.

Dikutif dari beberapa sumber  Dalam sejarah tentang olimpiade atletik/athletic, Yunani adalah bangsa pertama yang menyelenggarakan perlombaan atletik ini. Hal ini dapat diketahui dari sebuah buku karya Yunani Homerus. "Athlos" yaitu sebuah Lomba atu perlombaan. Pada saat itu cabang olahraga atletik dikenal dengan sebutan pentahhlon atau panca lomba dan decathlon atau dasa lomba.

Pada sebuah Buku yang berjudul Odysus karya asli dari Hemerun menjelaskan jika petualangan Odysus saat berkunjung ke kepulauan di sebelah selatan telah diadakan lomba olimpiade atletik yang diselenggarakan oleh kepala suku.
Olimpiade atletik itu terdiri dari beberapa cabang olah raga seperti lompat, lari, lempar cakram, gulat dan tinju. Sementara pada tahun 776 Sebelum Masehi,  Yunani mengadakan sebuah olimpiade kembali. Dalam lomba ini pemenang yang menjadi juara adalah Petahlon.

Sampai saat ini olahraga atletik rutin dilakukan disemua negara, baik bangsa eropa ataupun asean, misalkan seperti yang sering kita jumpai di tv, seperti di asean yang menyelenggarakan olimpiade sea games dst.

Sejarah Atletik Di Indonesia

Atletik datang ke indonesia dibawa oleh bangsa penjajah dari hindia belanda yang dahulu menguasai indonesia selama 350 tahun lamanya. Pada saat itu atletik merupakan sebuah pelajaran yang wajib diterapkan dan diikuti oleh semua siswa pada setiap pendidikan atau sekolahan yang dibentuk oleh londo tersebut.

Dari bentukan belanda tersebut, olahraga atletik banyak diminati oleh semua masyarakat yang menduduki indonesia ini, bahkan dari ingkahnya belanda diusir oleh bangsa jepang, sampai sekarang indonesia merdeka pun, cabang olahraga atletik tetap diadakan secara rutin.

Jadi itulah sepenggal sejarah atletik yang kita ketahui dari dunia dan indonesia. bagi kalian yang hobi berolah raga terutama atletik, ayo tetap semangat dan raih impianmu untuk juara di setiap olimpiade!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »