Sejarah-Sejarah Unik Tentang Internet Yang Jarang Diketahui



Semua orang mengenal kegunaan internet dan merasakan manfaatnya, bahkan di setiap detiknya. Ada juga yang hidupnya tergantung dengan internet, karena bekerja dengan internet. Jika koneksi internet terganggu maka ekonominya akan terganggu. Itulah bukti bahwa sejarah internet terus berkembang.

Mengenal internet tidak akan lengkap jika belum paham tentang seluk-beluk sejarah internet. Alternatif yang sangat mudah dipelajari adalah dengan mengenal beberapa sejarah unik tentang internet, yakni:
1.      Konsep awal jaringan internet adalah ARPANET

Konsep ini dilakukan pada tahun 1969 oleh ARPA dengan merangaki jaringan desentralisasi, teori Queueing dan paket switching. Lalu pada tanggal 1 Januari 1983, Arpa mengembangkan rangkaian NCP dan TCP/IP.

2.      E-mail pertama yang dikirimkan adalah pada thaun 1972

E-mail ini diuji coba dengan mengirimkan pesan antara 2 mesin oleh Ray Tomlison. Konsep utama yang dipakai pada mesin adalah PDP-10 ARPANET yang hingga kini pun dijadikan sistem operasi e-mail yang masih digunakan. Lalu diketemukannya simbol @ sebagai pelengkap alamat e-mail.

3.      IP pertama di Indonesia didaftarkan di UI

Universitas Indonesia menjadi saksi bisu pendaftaran IP pertama di Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. Nama IP nya adalah UI-NETLAB (192.41.206/24).

4.      Hard disk pertama di dunia dikenalkan pada tahun 1956
Hard disk ini adalah alat penyimpan data eksternal pada komputer. Semua data komputer tersimpan di dalam hard disk ini. Ada hard disk internal dan hard disk eksternal. Hard disk pertama di dunia dikenalkan pada tanggal 4 September 1956 oleh IMB. Spesifikasinya adalah memiliki spesifikasi memori 5 MB saja.

5.      Sejarah internet pun sudah mencatat pemilu online pertama kali di Estonia

Inilah kehebatan internet yang bisa mengubah kegiatan offline menjadi kegiatan online. Seperti kegiatan pemilu sebagai kegiatan penting kenegaraan. Namun Estonia sudah menyerahkan proses pemilu secara online pada tanggal 4 Maret 2007 dengan pesertanya mencapai 940.000 orang. Padahal negara ini adalah negara termiskin di Benua Eropa. Namun Internet sudah bisa menjangkaunya.

6.      Virus komputer muncul pertama kali pada tahun 1986

Virus menjadi bunga tersendiri dalam komputer. Virus ini mulai muncul setelah berkembangnya internet. Virus bisa menyebar dari flashdisk ke flashdisk atau langsung ada tanpa kita ketahui saat sedang browsing internet. Nama virus yang pertama ini adalah Lahore, Brain-A, Pakistani Brain, Pakistani, dan UIUC.

Mengenal sejarah unik di balik sejarah internet dan perkembangannya ini adalah sebuah ilmu yang tidak ternilai harganya. Sebuah ilmu yang menjadi tonggak sejarah akan adanya kecanggihan yang dirasakan saat ini. Selama ini kita hanya tahu bahwa internet adalah bentuk kecanggihan teknologi, tapi dengan membaca ulasan ini, kita menjadi tahu bahwa internet juga memiliki sejarah yang masih jarang diketahui banyak orang.

Masih Ada yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Sejarah internet, yaitu Fakta-Fakta Pengiringnya yang pasti bakal bikin kamu kaget karena belum mengetahuinya. Seliahkan Baca : Sejarah Internet, Email Dan Youtube Pasti Bikin Kamu Kaget!



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »